2 TKI asal Lemahabang-Pedes Terpapar Mutasi Virus Corona B117 Inggris, Satgas Covid-19 Belum Mengetahui Darimana Keduanya Terinfeksi

oleh -68 views
Virus SARS-Cov-2. (Foto: Arsip Nanographics)

BERITA-Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan temuan 2 kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia. Ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut sejak mewabah di Inggris September 2020.

“Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus,” ujarnya dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi oleh akun YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).

Baca: Kado Ulang Tahun Covid-19: Waspada, dari 462 Spesimen Kemenkes Temukan 2 Kasus Mutasi B117 asal Inggris di Indonesia

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Karawang, dr Fitra Hergyana mengungkapkan, dua TKI terpapar covid-19 varian B117 yakni M (40) asal Kecamatan Lemahabang dan A (45) asal Kecamatan Pedes. Satgas sekarang tengah melakukannya tracing dan testing kontak erat.

Keduanya kemudian menjalani isolasi di Pademangan dan hasilnya negatif Covid-19. M diketahui pulang dari Arab Saudi ke tanah air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 31 Januari 2021. Sedangkan A pulang ke Indonesia pada 31 Januari 2021.

Tes PCR A menunjukkan hasil positif Covid-19 dan kemudian menjalani isolasi di Pademangan, Jakarta.

“Kedua TKW M dan A kini sudah negatif covid-19 varian B117 saat kembali ke Karawang,” katanya, Rabu (3/3/2021).

Lanjut Fitra, pelacakan dan pengetesan tetap dilakukan meskipun keduanya kembali ke Karawang sudah negatif, sebagai langkah antisipasi memutus mata rantai penularan. Ia meminta masyarakat tak khawatir.

Menurut Fitra, baru mendapat informasi keduanya covid-19 varian B117 dari Kementerian Kesehatan kemarin, Selasa (2/3/2021) sore. Pihaknya langsung melakukan pelacakan dan pengetesan kepada kedua keluarga TKW dan kontak erat.

“Dua tim dari Dinas Kesehatan Karawang, Dinas Kesehatan Provinsi Jabar dan Kementerian Kesehatan RI diturunkan. Arahan Kemenkes langsung melakukan tracing dan testing, untuk kemudian diambil sampel untuk tes Sekuensing Genom Corona SARS-CoV-2,” ungkapnya.

Menurut Fitra, Satgas belum mengetahui dari mana dua pekerja migran Indonesia itu terpapar covid-19 varian B117. Namun ia menduga keduanya terpapar di luar negeri.

“Kita masih melakukan penelitian. Kemungkinan dari luar karena baru dari Arab Saudi,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.