Benarkah Pemerintah Batalkan Haji Tahun Ini karena Ada Utang ke Arab Saudi?

oleh -497 views
Tanfgkapan layar

BERITA-Beredar isu di media sosial yang menyebut bahwa Pemerintah Indonesia membatalkan penyelenggaraan haji tahun ini karena ada utang kepada pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Isu tersebut salah satunya diunggah oleh channel YouTube Topik Pintar pada 20 Februari 2021 dengan judul “UNGKAP FAKTA‼️SAUDI TOL4K JAMAAH HAJI INDONESIA, KARENA UTANG AKOMODASI?”

Baca: Hasil Riset Yayasan Raja Abdulazis: 40 kali Haji Ditunda Imbas Wabah hingga Pemberontakan

Kemudian pada thumbnail video tampak foto Raja Salman, Presiden Jokowi, mantan Menag Fachrul Razi, dan Menag Gus Yaqut. Disertai narasi “RAJA SALMAN TAGIH UTANG? UNGKAP FAKTA! ALASAN SAUDI TOLAK JAMAAH HAJI INDONESIA, MENAG PUNYA HUTANG AKOMODASI?”

Setelah ditelusuri, informasi yang menyebut bahwa Indonesia batalkan penyelanggaraan haji tahun ini karena ada hutang dengan Arab Saudi adalah hoaks atau berita bohong.

Hal itu dibantah oleh Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

Yandri mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak mempercayai berita bohong atau hoaks yang menyebutkan pembatalan haji lantaran adanya utang pemerintah Indonesia ke pemerintah Arab Saudi.

“Kalau ada hoax, ada berita tidak benar misalkan ada berita yang menyampaikan bahwa haji tidak ada tahun ini karena ada utang Indonesia ke Arab Saudi, itu berita bohong, tidak benar sama sekali,” tegasnya, Kamis (3/6/2021).

“Tidak benar kalau ada yang mengatakan keputusan membatalkan haji karena ada utang negara Indonesia kepada Saudi seperti pemondokan, katering dan lain-lain,” imbuh dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.