Fakta Menarik Liverpool Tersisih oleh Chelsea di Piala FA

oleh -478 views
Para pemain Liverpool setelah kalah di Piala FA saat tandang ke Chelsea di Stadion Stamford Bridge, 3 Maret 2020. ( Foto: AFP )

LONDON- Liverpool gagal melaju ke perempat final Piala FA setelah menyerah 0-2 di kandang Chelsea pada Selasa (3/3/2020) atau Rabu dini hari WIB di Stadion Stamford Bridge. Dalam pertandingan ini terdapat beberapa fakta menarik. 

Dua gol yang membawa Chelsea lolos ke babak delapan besar dilesakkan oleh Willian pada menit ke-13 dan Ross Barkley (64). Sementara bagi Liverpool ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun. Sabtu (29/2/2020) lalu, Liverpool juga menderita kekalahan di ajang Premier League saat bertandang ke klub papan bawah Watford. Ini merupakan kekalahan pertama yang dialami Liverpool di kompetisi elite Inggris tersebut musim ini.

Dan kini, tiga hari setelah tumbang di Vicarage Road, The Reds juga menderita kekalahan untuk kedua kalinya secara beruntun ketika melawat ke London di ajang Piala FA. Sebelumnya Liverpool juga menelan kekalahan di kandang Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Mereka harus menang saat menjadi tuan rumah bagi klub Spanyol itu saat menjalani leg kedua 11 Maret 2020 mendatang.

Partai di Stamford Bridge ini sekaligus menjadi kekalahan untuk ketiga kalinya dalam empat pertandingan yang dialami Liverpool musim ini.  

Manajer Chelsea, Frank Lampard, menurunkan kiper Kepa Arrizabalga yang posisinya sebagai kiper utama tengah terancam. Penampilannya yang gemilang dalam laga ini mungkin akan membuat Lampard kembali menempatkan Kepa menjadi penjaga gawang nomor satu. Dalam beberapa laga terakhir, posisinya memang digantikan kiper cadangan Willy Caballero. 

Liverpool masih unggul 22 poin atas penghuni urutan kedua Manchester City di Premier League dan menjadi kandidat utama juara musim ini, sekaligus mengakhiri penantian 30 tahun menjadi juara kompetisi elite Inggris. Namun kekalahan kedua secara beruntun ini membuat banyak orang mulai meragukan keampuhan strategi pelatih Juergen Kloop.

Meski menang, namun Chelsea juga mendapat masalah karena dua pemain mereka Mateo Kovacic dan Willian cedera.

Namun hal yang menggembirakan bagi Chelsea selain lls ke perempat final adalah munculnya nama pemain berusia 18 tahun, Billy Gilmour. Pemain yang berperan sebagai gelandang ini tampil mengesankan. Dia mampu tampil bertahan dengan baik bahkan mengirimkan umpan berbahaya.

Chelsea akan kembali beraksi melawan Everton di Premier League, Minggu nanti. Mereka bakal turun dengan stok pemain terbatas karena sembilan pemain inti mereka tak bisa tampil.

Berikut fakta menarik dari pertandingan ini:

– Partai di Stamford Bridge ini sekaligus menjadi kekalahan untuk ketiga kalinya dalam empat pertandingan yang dialami Liverpool musim ini.

– Chelsea berhasil melaju ke perempat final Piala FA untuk keempat kali dalam lima musim terakhir. Mereka masih berpeluang menjadi juara musim ini setelah terakhir kali mengangkat trofi pada tahun 2018 saat menang 1-0 atas Manchester United di final.

– Chelsea menang tujuh kali dalam 11 pertemuan di Piala FA melawan Liverpool. Dua pertemuan sebelumnya, Chelsea juga memetik kemenangan atas Liverpool dalam dua pertemuan yakni pada 1997 and 2012 dan kemudian menjadi juara.

– Liverpool tersisih dalam tiga dari lima pertandingan terakhir Piala FA di babak kelima (16 besar). Kakalahan kali ini merupakan yang pertama di babak 16 besar sejak Februari 2014 saat menyerah 1-2 di kandang Arsenal.

– Liverpool mengalami tiga kekalahan tandang secara beruntun di seluruh kompetisi. Ini pertama kali mereka alami sejak November 2014.

– Sejak debutnya di Piala FA Cup pada Januari 2014, Willian selalu terlibat dalam 16 untuk Chelsea (11 gol, 5 assists). Jumlah ini lima kali lebih banyak dibanding para pemain lain di klubnya.


– Willian berhasil mencetak 24 gol dari luar kotak penalti sejak debutnya untuk Chelsea pada September 2013, 13 lebih banyak dari rekan-rekannya di Chelsea.

– Gelandang Chelsea Ross Barkley mencetak gol untuk pertama kalinya ke gawang Liverpool pada penampilan ke-12 nya melawan klub Merseyside itu. Sebelum pertandingan ini, dia telah bermain 11 kali melawan Liverpool namun tak pernah bisa membuat gol. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.