Inspirasi Puasa Pertama dengan 5 Menu Sahur Praktis Ini

oleh -695 views
Source: dapurkobe.co.id

JAKARTA-Waktu makan sahur sangat penting agar puasa kamu tetap lancar sampai waktu berbuka nanti. Jadi, tentu saja menu sahur yang disiapkan haruslah bernutrisi dan sehat agar tubuh kamu tetap fit nantinya. Menu sehat dan bernutrisi sebenarnya gak perlu ribet kok. Apalagi kalau kamu tinggal sendiri sehingga harus menyiapkan segalanya tanpa bantuan siapapun. Agar puasa kamu lancar di hari pertama shaum Ramadhan, kamu bisa mencoba menu praktis ini yang bisa disantap saat sahur:

TEMPE OREK

tempe orek menu praktis untuk sahur
Source: genpi.co

Salah satu bahan makanan yang mengandung probiotik cukup tinggi, tempe dipercaya dapat mendorong kinerja sistem pencernaan dengan baik. Nah, kamu bisa menggunakan bahan ini sebagai menu sahur praktis kamu. Contohnya buat saja menjadi olahan tempe orek. Bahan yang kamu perlukan hanya tempe, kecap manis, gula pasir, cabai merah dan cabai hijau, serta daun salam. Selanjutnya kamu hanya perlu mencampur semua bumbu dengan tempe dan dimasak hingga matang. Praktis, kan?

SAYUR BENING

sayur bening menu praktis
Source: endeus.tv

Perut kamu tidak akan mengalami masalah saat puasa Ramadhan jika mengonsumsi sayur bening sebagai menu sahur. Olahan yang terbuat dari bayam ini akan memberikan tambahan mineral dan vitamin. Cara buatnya pun gak pake ribet. Hanya tinggal merebus air hingga mendidih dan tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kencur. Setelahnya kamu tinggal masukkan bayam deh. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan jagung yang telah dipipil atau dipotong dan tomat dalam sayur tersebut.

TUMIS TAHU

tumis tahu menu sahur praktis
Source: yummy.co.id

Rasa tahu yang enak dan cara pengolahan yang mudah membuat tahu menjadi salah satu menu praktis yang bisa disantap saat sahur. Kamu pun bisa menjadikan tahu sebagai menu sahur dengan membuat tumis tahu yang dicampur bersama sayuran seperti tauge. Potong dadu tahu yang kamu gunakan lalu goreng dulu bila ingin teksturnya lebih kering. Atau kamu pun bisa langsung memasaknya tanpa digoreng terlebih dahulu. Setelahnya tinggal tambahkan saus tiram dan sedikit cabe untuk menambah cita rasa kemudian masukkan sayuran. Selesai deh!

TELUR ORAK-ARIK

telur orak-arik
Source: eatthismuch.com

Kalau persediaan telur di rumah banyak dan malas untuk memasak yang ribet, buat saja telur orak-arik. Agar rasanya lebih gurih dan nikmat, jangan mengorak-arik telur dengan minyak melainkan margarin atau mentega. Bila ada persediaan sayuran seperti tomat dan wortel, boleh juga ditambahkan ke telur orak-arik buatanmu agar menu sahur tersebut lebih bernutrisi.

NASI GORENG

nasi goreng untuk sarapan dari empat negara
Source: seriouseats.com

Olahan nasi ini sering dijadikan sebagai menu andalan bila ingin menyantap menu praktis nan lezat. Kamu pun bisa memasak nasi goreng sebagai menu sahur pertama. Bisa tambahkan telur, sosis, ayam, atau kornet sebagai campuran. Ingin nasi gorengmu semakin sehat? Tambahkan saja potongan sayuran seperti sosin, wortel, pakcoy, tauge, dan kol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.