Mesin Meledak, Menegangkan Saat Pesawat Boeing Terpaksa Putar Balik

oleh -64 views

BERITA-Pesawat Boeing 777-200 United Airlines terpaksa putar balik ke Bandara Internasional Denver, Colorado, Amerika Serikat, setelah mengalami kerusakan mesin, begitu lepas landas menuju Honolulu, Hawaii, Sabtu (20/2/2021).

Beberapa bagian pesawat jatuh nyaris mengenai rumah di pinggiran Kota Denver serta di lapangan rumput. Meski demikian tak ada korban di darat.

Bagian yang jatuh diketahui casing atau penutup mesin bagian kanan pesawat. Namun pilot berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat, tak ada penumpang maupun kru yang terluka.

Dalam keterangannya, United Airlines mengungkap, pesawat dengan nomor penerbangan 328 itu membawa 231 penumpang dan 10 kru.

Semua penumpang harus diterbangkan kembali menggunakan pesawat lain ke Hawaii.

Sementara itu penumpang menceritakan kepanikan di kabin saat mengetahui mesin bagian kanan meledak dan terbakar begitu pesawat lepas landas.

Peristiwa terjadi saat pesawat hampir mencapai ketinggian jelajah. Kapten memberikan pengumuman melalui radio bahwa terjadi ledakan besar disertai dengan kilatan cahaya.

“Pesawat bergetar hebat dan kami kehilangan ketinggian lalu mulai turun,” kata David Delucia, seorang penumpang yang duduk tepat di samping mesin yang rusak, dikutip dari Associated Press, Minggu (21/2/2021). 

“Ketika itu terjadi, saya mengira kami sudah tamat. Saya kira kita akan jatuh,” ujarnya, menambahkan.

Delucia dan istri bahkan sempat mengambil dompet berisi SIM dari tas lalu dimasukkan ke kantong dengan harapan jika pesawat jatuh mereka bisa cepat terindetifikasi.

Video yang diunggah di Twitter menunjukkan api melalap semua bagian mesin saat pesawat masih di udara.

Sementara itu di darat, saksi mendengar ledakan keras bahkan juga menimbulkan kepanikan.

Seorang penduduk setempat, Tyler Thal, mengatakan, dia sedang jalan-jalan bersama keluarganya saat melihat pesawat komersial terbang sangat rendah. Dia lalu mengeluarkan ponsel untuk merekam kejadian itu.

“Saya mendengar ledakan, kemudian ada asap dan beberapa puing berjatuhan. Puing-puing itu seperti titik di langit dan saat melihatnya, saya beri tahu keluarga apa yang baru saja saya lihat dan kemudian kami mendengar ledakan lagi,” katanya, seraya menambahkan pesawat terus melaju sampai tidak terlihat.

Thal merasa lega mengetahui tidak ada yang terluka dan tewas terbunuh setelah kejadian yang dilihatnya.

Warga lainnya, Kirby Klements, mengaku mendengar suara dentuman keras. Beberapa detik kemudian, dia dan sang istri, melihat melalui jendela ada bongkahan jatuh dari langit menimpa truknya hingga hancur.

Dia memperkirakan bagian yang berbentuk melingkar itu adalah penutup mesin dengan diameter sekitar 4,5 meter. 

Setelah itu bagian lain seperti fiberglass jatuh dalam bentuk seperti abu selama sekitar 10 menit. Beberapa potongan lain juga jatuh di pekarangan rumahnya.

Belum diketahui penyebab kerusakan ini, Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NSB) sedang menyelidikinya. Dugaan awal ada masalah pada baling-baling pesawat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *