Natal Gedung Putih Amerika Serikat dari Masa ke Masa

oleh -474 views
Ibu Negara Melania Trump menghias dekorasi Natal Gedung Putih tahun 2018 dengan tema “American Treasures”. (Foto: The Washington Post/Getty Images/Jabin Botsford)

WASHINGTON DC-Madison Horne dalam History.com menulis, perayaan Natal di Gedung Putih telah menjadi tradisi sejak  1800. Presiden John Adams dan Ibu Negara Abigail Adams adalah yang pertama mengadakan pesta Natal di kediaman resmi presiden, meski tidak seperti yang kita kenal sekarang. Perayaan Natal saat itu adalah pertemuan intim dengan keluarga dan pejabat dekat, bukan pemasangan dekorasi yang dirancang untuk sorotan media.

Pohon-pohon Natal di Gedung Putih belum muncul hingga pertengahan abad ke-19 ketika Presiden ke-14 Amerika Serikat Franklin Pierce menghiasi pohon cemara di halaman Gedung Putih pada 1853. Presiden Benjamin Harrison meningkatkan tradisi yang sudah ada ketika ia membawa masuk sebuah pohon ke dalam Gedung Putih pada 1889 dan menyalakannya dengan lilin-lilin.

Sepanjang abad ke-19, pohon-pohon Natal seringkali hanya dipasang jika ada anggota keluarga yang berkumpul di sekitarnya, khususnya anak-anak atau cucu-cucu, untuk menghidupkan semangat Natal. Theodore Roosevelt, seorang konservasionis terkenal, menentang gagasan menebang pohon untuk liburan, meskipun putranya yang berusia 8 tahun pernah mendapat pohon dan memasangnya di dalam lemari besar di Gedung Putih, menurut surat yang ditulis Roosevelt pada 26 Desember 1902.

Pada 1923, Presiden ke-30 Calvin Coolidge menyelenggarakan Upacara Penyalaan Pohon Natal Nasional pertama. Tradisi ini telah berlangsung setiap tahun sejak itu, meskipun pada 1963 upacara itu ditunda beberapa hari karena masa berkabung 30 hari setelah pembunuhan Presiden John F. Kennedy.

Jackie Kennedy memulai tradisi memasang pohon Natal bertema di Gedung Biru ikon Gedung Putih pada tahun 1961. Tahun itu, dia memilih karakter dari balet Nutcracker Suite untuk menghiasi pohonnya. Lima tahun kemudian, Asosiasi Pohon Natal Nasional ditetapkan sebegai penyedia pohon Natal bagi Presiden AS dan keluarga mereka.

Pada 2018, dekorasi Natal Gedung Putih mengambil tema merah ketika Ibu Negara Melania Trump memilih untuk menampilkan serangkaian pohon merah tua.

Meski beberapa pihak mengkritik tema warna yang diambil, Melania membalas, “Saya pikir mereka terlihat fantastis. Dalam kehidupan nyata, mereka terlihat lebih cantik.”

Lantas, bagaimana ya dekorasi Natal Gedung Putih tahun ini? Kita tunggu saja.

Presiden Calvin Coolidge memulai tradisi Upacara Penerangan Pohon Natal Nasional pada tanggal 24 Desember 1923. Pohon itu berasal dari Vermont, negara bagian asal presiden, dan didekorasi dengan sekitar 2.500 lampu listrik. (Foto: Perpustakaan Kongres)

Ibu Negara Jackie Kennedy memulai tradisi pohon Natal bertema di Ruang Biru Gedung Putih pada tahun 1961. Tahun itu, ia memilih karakter dari balet Nutcracker Suite untuk menghias pohon cemara. Jackie Kennedy dipotret di sini bersama suaminya, Presiden John F. Kennedy. (Foto: Perpustakaan dan Museum Kepresidenan John F. Kennedy/Foto-foto Gedung Putih Robert Knudsen)

Ibu Negara Lady Bird Johnson menghias pohon Natal resmi Ruang Biru dengan kue jahe dalam bentuk Sinterklas, manusia salju, dan boneka pada tahun 1965 dengan tema “Early American.” (Foto: Getty Images/Arsip Bettmann)

Ibu Negara Betty Ford di luar Gedung Putih pada saat kedatangan pohon Natal Ruang Biru keluarga Presiden Ford pada tahun 1974. Asosiasi Pohon Natal Nasional bertanggung jawab untuk menyediakan pohon itu kepada Presiden dan keluarga sejak tahun 1966. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan Gerald R. Ford)

Pohon Natal pada masa Presiden Gerald Ford tahun 1975 bertema anak-anak gaya klasik. Pohon itu dihiasi ornamen buatan tangan dari tahun sebelumnya, tahun pertama mereka di Gedung Putih. Ornamen dibuat oleh wanita-wanita Appalachian dan warga senior di seluruh penjuru negeri, menyoroti kerajinan mereka serta praktik penghematan uang saat Amerika Serikat baru pulih dari krisis energi 1973. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan Gerald R. Ford)

Ibu Negara Rosalynn Carter menyoroti latar keagamaan Natal dengan menambahkan adegan kelahiran Yesus pada dekorasi Gedung Putih tahun 1978. (Foto: Pictorial Parade/Arsip Hulton/Getty Images)

Pemasangan dekorasi pohon Ruang Biru tak hanya melibatkan keluarga presiden. Para staf datang bersama selama musim liburan. Ibu Negara Nancy Reagan dipotret saat membantu menghias pohon Natal pada tahun 1982. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan Ronald Reagan)

Presiden Ronald Reagan turut bersenang-senang dengan mengenakan kostum Sinterklas untuk pesta Natal tahun 1983. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan Ronald Reagan)

Ibu Negara Nancy Reagan dipotret saat duduk di pangkuan actor dan pegulat Amerika Mr. T yang berpakaian sebagai Sinterklas selama tur dekorasi Gedung Putih pada tahun 1983. Keduanya tampil sebagai bagian dari program anti-narkoba Ibu Negara “Just Say No” selama kebijakan “Perang Melawan Narkoba.” (Foto: Time Life Pictures/Getty Images/Diana Walker)

Di atas cherrypicker crane, Ibu Negara Barbara Bush menggendong cucunya, Walker Bush, ketika ia dan eksekutif perbankan Amerika Joseph H. Riley menempatkan ornamen bintang di atas Pohon Natal Nasional pada tahun 1992. (Foto: CNP/Getty Images/Jeff Markowitz)

Di sini, kucing keluarga Clinton, Socks, duduk di sebelah replika roti jahe Gedung Putih yang dibuat pada tahun 1993. Rumah roti jahe resmi telah menghiasi Ruang Makan Negara sejak tahun 1970-an dan selalu ditampilkan di meja konsol mahoni elang di depan cermin berlapis emas. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan William J. Clinton)

Socks bahkan mendapatkan kaus kaki Natalnya sendiri tahun itu. (Foto: Arsip Nasional/Perpustakaan William J. Clinton)

Hiasan Natal tahun 2000 Presiden Bill Clinton bertema “Holiday Reflection,” meliputi kaus kaki sulam yang digantung di perapian Ruang Resepsi Diplomatik. Beberapa tahun sebelumnya, pemerintahan Clinton memecahkan rekor dekorasi sebelumnya pada tahun 1997 ketika mereka memasukkan 36 pohon dalam tema Santa’s Workshop. (Foto: Newsmakers/Getty Images/Michael Smith)

Barney dan Miss Beazley, anjing-anjing Presiden George W. Bush, berpose di bawah pohon yang berhiaskan ornamen merah pada tahun 2006. Pada tahun-tahun sebelumnya, Ibu Negara Laura Bush menyoroti kecintaannya pada binatang dalam tema Natal tahun 2002 “All Creatures Grand and Small.” Kali ini dia memilih tema Natal dengan nuansa patriotik merah, putih, dan biru.

Selama bertahun-tahun menjabat, Presiden Barack Obama menaruh hormat kepada pasukan Amerika dan keluarga mereka lewat pohon Natal Gedung Putih. Tahun 2013, Ibu Negara Michelle Obama memilih tema “Gather Around: Stories of the Season” yang menyertakan berbagai kartu ucapan dari keluarga militer di seluruh negeri. (Foto: Getty Images/Brooks Kraft LLC/Corbis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.