Protes Pandemi, Aktris Prancis Kenakan Kostum Keledai Bernoda Darah Lalu Bugil di Ajang Penghargaan Film

oleh -90 views
Corinne Masiero tampil di Penghargaan Film Cesare dengan kostum keledai yang kemudian dilepasnya sehingga bugil dan juga bersimbah darah sebagai bentuk protes

BERITA-Pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia, tentu sangat berdampak bagi semua orang yang mengalaminya.

Seniman menjadi salah satu pihak yang terdampak pandemi Covid-19. Pembatasan sosial dan larangan membuat acara kesenian yang melibatkan banyak orang membuat para seniman tidak hanya kehilangan mata pencahararian, tapi juga tempat untuk berekspresi.

Baca: Jika Denise Chariesta Joget Tanpa Bra Jual Bunga, Juliane Seyfarth Bugil Demi Loncat Ski Terkenal

Aktris Prancis, Corinne Masiero, melakukan protes dengan bertelanjang bulat di atas panggung perhelatan César Awards. Acara itu juga didominasi tuntutan agar pemerintah Prancis berbuat lebih banyak demi mendukung acara kebudayaan selama pandemi virus corona.

Pada Jumat, 12 Maret 2021, Masiero diundang untuk mempersembahkan penghargaan untuk kostum terbaik di Cesar Awards, semacam penghargaan untuk insan perfilman di Prancis.

Baca: Tanpa Busana Pose Vulgar di Salju, Ini Alasannya

Aktris berusia 57 tahun itu mendekati podium dengan mengenakan kostum keledai melapisi gaun bernoda darah. Setelah mengambil mikrofon, dia berkomentar sarkastik tentang menginginkan gaun yang lebih bagus tetapi diberi tahu bahwa itu tidak “cukup penting”.

Dia dengan jelas menyinggung soal pembatasan sosial pencegahan Covid-19 yang mengorbankan bisnis dan aktivitas di dunia hiburan.

Semua bioskop di Prancis ditutup selama lebih dari tiga bulan.

Dalam perhelatan ini, penghargaan film terbaik jatuh ke sutradara Albert Dupontel dengan filmnya yang berjudul Adieu Les Cons (Goodbye Morons).

Baca: Tanpa Busana, Nikita Mirzani: Hush cewe Tarzan mau lewat, Warganet: Auoooo Meresahkan

Film — yang menggambarkan keputusasaan seorang perempuan yang menderita sakit parah terhadap anaknya – memenangkan tujuh penghargaan César, termasuk satu di antaranya untuk peran sutradara terbaik.

Film asing terbaik diraih film Denmark, Another Round, yang disutradarai Thomas Vinterberg — temanya perihal sebuah grup perlawanan yang berikhtiar meningkatkan kehidupan mereka dengan mempertahankan kadar alkohol permanen dalam darah mereka.

Tetapi dia tampil mengejutkan di hadapan para undangan dengan telanjang bulat di atas panggung, seraya menyampaikan pesan “Tanpa budaya, tidak ada masa depan” yang tertulis di tubuhnya.

Dan pesan “Kembalikan seni, Jean” yang tertulis di punggungnya, dia tujukan langsung kepada Perdana Menteri (PM) Prancis, Jean Castex.

Dalam acara tersebut, Masiero menjadi satu-satunya orang yang telanjang di atas panggun. Meski demikian, dia bukan satu-satunya yang marah atas tindakan pemerintah Prancis terkait pencegahan Covid-19.

Saat menerima penghargaan skenario, Stephane Demoustier mengungkapkan kekesalannya karena anak-anaknya dapat pergi berbelanja pakaian tetapi masih dilarang pergi ke bioskop. Menurutnya, aturan larangan tersebut “tidak dapat dipahami”.

Sementara itu, tempat budaya Prancis ditutup pada akhir Oktober karena negara itu berjuang melawan pandemi Covid-19 gelombang kedua.

Pemerintah memperpanjang penutupan setelah awalnya memberi isyarat bahwa aturan tersebut akan dicabut pada Januari.

“Anak-anak saya bisa pergi ke Zara tapi tidak ke bioskop … Ini sama-sekali tidak bisa dimengerti,” kata Stephane Demoustier saat dia menerima penghargaan untuk kategori penulisan skenario.

Pada Desember tahun 2020, ratusan aktor, sutradara teater, musisi, teknisi dan kritikus film, dan banyak lainnya, melakukan protes di Paris dan kota-kota lain, menentang penutupan tempat budaya oleh pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kebudayaan Prancis Roselyne Bachelot mengunjungi salah satu teater untuk memulai dialog dengan para demonstran, bersumpah “melindungi pekerjaan artistik selama diperlukan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *